Platini Usul Piala Dunia Qatar Desember 2022

Hal itu untuk mengantisipasi panasnya cuaca yang kerap melanda negara-negara Timur Tengah.
Presiden UEFA, Michel Platini, mengusulkan agar Piala Dunia Qatar 2022 digelar pada bulan Desember untuk mengantisipasi panasnya cuaca yang kerap melanda negara-negara Timur Tengah.

"Saya pikir, saya harap, Piala Dunia bisa digelar pada bulan Desember," kata Platini seperti dilansir theworldgame.sbs.com.au.

Piala Dunia biasanya digelar antara Juni dan Juli. Namun menurut Platini, kebiasaan ini diubah untuk Piala Dunia 2022 karena pada bulan-bulan itu suhu di Qatar bisa mencapai 55 derajar celcius.

"Ketika Anda bisa merancang turnamen 10 tahun lebih awal, maka Anda seharusnya bisa menentukan jadwal terbaik sehingga orang-orang yang datang bisa lebih bahagia," kata Platini.

Platini mencontohkan PD Afrika Selatan 2010 lalu. Menurutnya, PD pertama yang digelar di benua Afrika itu tidak berlangsung meriah karena suhu setelah pertandingan yang bisa mencapai 0 derajat celcius.

"Di Afrika Selatan, tidak ada yang meriah sebab tidak ada kehidupan setelah pertandingan usai karena suhu yang mencapai 0 derajat celcius di malam hari," ujar mantan pemain timnas Prancis tersebut.

"Antara 20 November - 20 Desember, beberapa hari jelang Natal. Ini adalah jadwal yang bagus [untuk Piala Dunia Qatar 2022]," lanjutnya.

Platini menyadari bahwa tak mudah untuk merubah jadwal Piala Dunia. Pasalnya, perubahan akan mempengaruhi jadwal-jadwal liga domestik yang ada di berbagai negara dan liga internasional lainnya. 

Untuk kendala ini, Platini juga punya argumen. "Anda bisa menyelesaikan liga pada pertengahan Juni," kata Platini.

"Liga kemudian dilanjutkan lagi setelah Piala Dunia. Itu tidak masalah," kata Platini. Dengan demikian, pemain akan memiliki waktu tiga bulan sebelum Piala Dunia," pungkasnya.
• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar